Rabu, 28 Desember 2011

Sekjen OKI Puji Peran Perempuan Muslim dalam Perubahan Sosial-Politik

Sekjen OKI-Ekmeleddin Ihsanoglu
Sekretaris Jenderal Organisasi Konferensi Islam (OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu memuji kaum perempuan muslim yang berperan besar dalam melakukan perubahan sosial dan politik, terutama di negara-negara kawasan Timur Tengah.

Ihsanoglu yang bergelar profesor menyampaikan pujiannya dalam konferensi internasional bertema "Perubahan dalam Masyarakat Muslim dan Peran Kaum Perempuan", yang berlangsung di Istanbul, Turki akhir pekan kemarin.


"Apa yang telah dicapai negara-negara Arab menjadi mungkin karena kaum perempuannya saling mendukung dengan kaum lelaki," kata Ihsanoglu dalam pidatonya.

Ia menegaskan, kemajuan masyarakat yang dinamis bisa tercapai jika peran kaum perempuan lebih ditingkatkan di bidang politik, sosial, ekonomi dan bidang-bidang lainnya.

Oleh sebab itu, Ihsanoglu berjanji organisasi yang sekarang dipimpinnya akan membuka peluang seluas-luasnya bagi kaum perempuan untuk berperan, terutama dalam bidang sosial.

Ia juga menyebutkan upaya-upaya yang telah dilakukan OKI untuk meningkatkan peran kaum perempuan di 57 negara yang menjadi anggota OKI. Salah satu bukti komitmen OKI untuk meningkatkan peran kaum perempuan dalam berbagai bidang adalah menggelar konferensi tingkat menteri yang khusus membahas tentang peran kaum perempuan.

Konferensi yang juga digelar di Istanbul, Turki itu merupakan konferensi pertama OKI yang membahas khusus tentang kaum perempuan, dan diselenggarakan oleh kantor sekretariat OKI yang membidangi urusan keluarga.

Ihsanoglu juga menyebut pembentukan Independent Permanent Commission on Human Rights (IPCHR), yang merupakan bagian dari struktur keorganisasian OKI. Pembentukan komisi itu merupakan bentuk komitmen OKI untuk memberikan perlindungan hak asasi manusia, termasuk hak-hak kaum perempuan. IPCHR beranggotakan 18 orang dan empat anggota diantaranya adalah perempuan.

"Saya sangat yakin keempat perempuan yang menjadi anggota komisi ini, bisa memainkan perannya yang mulai untuk memperkuat hak-hak kaum perempuan di kalangan masyarakat Muslim," tukas Ihsanoglu.

Sumber : eramuslim.com

 
Design by Safrizal Ilmu Politik UNIMAL | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...; linkwithin_text='Baca Juga:'; Related Posts with Thumbnails