Sabtu, 24 Maret 2012

Visi dan Misi Lima Calon Gubernur Aceh 2012-2017

BANDA ACEH - Lima pasangan calon Gubernur/ Wakil Gubernur Aceh memaparkan visi dan misinya di Gedung DPR Aceh di Ba nda Aceh, Kamis (22/3/2012).  

Mulai hari ini masa kampanye terbuka untuk para kandidat Pemilukada Aceh dimulai hingga 5 April, tiga hari menjelang pemungutan suara.


Cagub/cawagub menyampaikan visi dan misi beradasarkan nomor urutnya. Giliran pertama adalah pasangan Teungku Ahmad Tajuddin-Suriansyah, diikuti Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Darni Daud-Ahmad Tajuddin, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah dan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf.

Dalam visi dan misinya, semua kandidat umumnya menyampaikan tekadnya membangun perekonomian rakyat, pempertahankan perdamain, meningkatkan infrastruktur, penegakan syariat Islam, meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan serta kesejahteraan.

Suasana tegang sempat mewarnai sidang, saat Irwandi Yusuf tengah membacakan visi-misinya. Calon yang menjadi saingat berat kandidat Partai Aceh ini terlibat saling interupsi dengan anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh, Abdullah Saleh soal limit waktu.

Setelah lima pasangan cagub/cawagub menyampaikan visi-misi, penjabat Gubernur Aceh, Tarmizi A Karim dalam sambutannya mengingatkan agar para kandidat bertarung secara fair tanpa perlu mengorbankan perdamaian.

Saat para kandidat penyampaikan visi misinya, di luar gedung dewan, puluhan mahasiswa berunjukrasa meminta agar para kandidat dan tim suksesnya tak saling intimidasi dan menjaga perdamaian Aceh.

Mahasiswa juga meminta para cagub/cawagub untuk meneken spanduk pakta integritas Pilkada damai. Satu persatu kandidat ikut membubuhi tandatangannya.

Berikut visi dan misi calon gubernur dan wakil gubernur Aceh periode2012-2017 berdasarkan nomor urut:      

(1) Teungku Ahmad Tajuddin AB-Teuku Suriansyah (Independen)
  • Visi: Menyelamatkan kehidupan anak bangsa, dunia dan akhirat.
  • Misi:
  1. Mempercepat pembangunan infrastruktur strategis
  2. Mengedepankan nilai-nilai agama dan budaya daerah dalam aktifitas pembangunan
  3. Memantapkan upaya peningkatan kesejahteraan khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan daya beli yang bermuara pada pengurangan kemiskinan.
  4. Melestarikan lingkungan dan menjaga keserasian tata ruang
  5. Meningkatkan nilai tambah sumber daya lokal dan menghidupkan pusat-pusat kegiatan ekonomi masyarakat secara merata
  6. Meningkatkan kinerja birokrasi dan pemberantasan Korupsi Kolusi Nepotisme.

(2) Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan (Independen)
  • Visi: Berlanjutnya perubahan yang fundamental di Aceh dalam segala sektor kehidupan masyarakat Aceh dan pemerintahan, yang menjunjung tinggi asas transparansi dan akuntabilitas, bagi terbentuknya suatu Pemerintahan Aceh bebas dari praktik korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Sehingga mulai 2012, Aceh dapat terus tumbuh menjadi negeri makmur yang berkeadilan dan adil dalam kemakmuran.
  • Misi:
  1. Membangun, meningkatkan dan memelihara infrasruktur dasar untuk mendukung sistem produksi serta pelayanan dasar.
  2. Melanjutkan pembangunan SDM berlandaskan kompetensi dengan tetap berpegang pada nilai-nilai budaya masyarakat Aceh.
  3. Membangun ekonomi kerakyatan yang merata di seluruh wilayah Aceh secara berkelanjutan dan berkeadilan.
  4. Memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan berkeadilan dan ramah lingkungan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Aceh.
  5. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa guna mendukung pelayanan publik yang murah, cepat, tepat sasaran, berkualitas dan merata.
  6. Mewujudkan perdamaian berkelanjutan melalui implementasi MoU Hesinki yang berdasarkan demokrasi dan Hak Asasi Manusia.

(3) Darni M Daud-Ahmad Fauzi (Independen)
  • Visi: Terwujudnya harkat dan martabat masyarakat Aceh yang damai, sejahtera berlandaskan iman dan taqwa.
  • Misi:
  1. Perbaikan dan peningkatan ajaran agama/syariat islam, kualitas pendidikan, kebudayaan dan kesehatan masyarakat Aceh yang handal dan merata.
  2. Perbaikan dan peningkatan perekonomian daerah yang adil berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
  3. Perbaikan dan peningkatan iinfrastruktur publik untuk penguatan daya saing daerah pengurangan risiko bencana dan penjaminan kesejahteraan masyarakat.
  4. Perbaikan dan peningkatan pelayanan publik melalui penyelenggaraan pemerintahan yang professional bersih transparansi adil dan akuntabel.
(4) Muhammad Nazar-Nova Iriansyah (Partai Demokrat, PPP, Partai SIRA)
  • Visi: Tegaknya perubahan dan pembangunan yang menyelamatkan serta menyejahterakan menuju negeri Aceh yang aman, damai, maju, berkeadilan, bermartabat dan berperadaban (baldatun thaiyyibatun wa rabbun ghafur) serta mencapai kemenangan dunia-akhirat.
  • Misi:
  1. Membangun masyarakat yang beriman, berkualitas, produktif, berkeadilan pro-pembangunan dan berperadaban sebagai kekuatan perubahan serta pembangunan yang benar, menyelematkan dan menyejehterakan secara berkelanjutan.
  2. Membangun berbagai kebutuhan fundamental yang menyelamatkan serta menyejahterakan rakyat secara berkelanjutan.
  3. Normalisasi dan membangun pemerintahan yang benar sesuai undang-undang serta kearifan Aceh di semua level menuju good corporate governance dan clean government secara berkelanjutan dan berkarakter.
  4. Normalisasi penegakan hukum, pembinaan politik serta keamanan yang benar dan tanpa diskriminasi baik dalam rangka mencegah penyimpangan, seperti korupsi dan kolusi maupun menjamin ketertiban serta kedamaian rakyat.

(5) Zaini Abdullah-Muzakir Manaf (Partai Aceh)
  • Visi: Aceh yang bermartabat sejahtera berkeadilan dan mandiri berlandaskan UU Pemerintahan Aceh sebagai wujud MoU Helsinki
  • Misi:
  1. Memperbaiki tata kelola pemerintahan aceh yang amanah melalui implemantasi dan penyelesaian turunan UU Pemerintahan Aceh untuk menjaga perdamaian yang abadi.
  2. Menerapkan nilai-nilai budaya Aceh dan nilai-nilai dinul Islam di semua sektor kehidupan masyarakat.
  3. Memperkuat struktur ekonomi dengan kualitas sumber daya manusia.
  4. Mewujudkan peningkatan nilai tambah produksi masyarakat dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam.
  5. Melaksanakan pembangunan Aceh yang proporsional terintegrasi dan berkelanjutan.
 ***

Editor : Safrizal

 
Design by Safrizal Ilmu Politik UNIMAL | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...; linkwithin_text='Baca Juga:'; Related Posts with Thumbnails