Senin, 02 Januari 2012

Pilkada Aceh Diikuti 115 Pasangan Calon

Banda Aceh - Sebanyak 115 pasangan calon kepala daerah bakal bersaing pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Aceh yang dijadwalkan digelar serentak 16 Februari 2012. Empat dari 115 pasangan bakal berebut posisi gubernur dan wakil gubernur.

"Semua pasangan dinyatakan lulus verifikasi dan telah mendapat nomor urut dari KIP Aceh dan KIP kabupaten kota," kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Abdul Salam Poroh di Banda Aceh, Senin (2/1).

Ia mengatakan, pemilihan kepala daerah di Aceh digelar serentak di 17 daerah tingkat dua dari 23 kabupaten/kota di Aceh, bersamaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Sebelumnya, kata dia, ada 127 pasangan calon kepala daerah mendaftar, baik dari jalur perseorangan maupun diusung partai politik. Namun, 12 pasangan di antaranya tak lulus verifikasi.

Dari 12 pasangan yang dinyatakan tidak lulus, tujuh di antaranya bakal calon bupati dan wakil bupati Aceh Utara. Mereka mencalonkan diri lewat jalur perseorangan.

"Kebanyakan dari mereka tidak memenuhi syarat dukungan dan ada pula yang gagal dalam uji mampu baca Alquran," kata Ketua Pokja Pencalonan KIP Aceh Utara Ayi Jufridar secara terpisah.

Sedangkan lima pasangan lainnya yang tidak lulus verifikasi, yakni satu pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Lhokseumawe, satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Nagan Raya.

Kemudian satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Aceh Tengah, satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Aceh Barat Daya, serta satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Simeulue.

"Dari lima pasangan tersebut, tiga diantaranya mencalonkan diri lewat jalur perseorangan. Sedangkan dua pasangan lainnya, yakni calon bupati dan wakil bupati Aceh Barat Daya dan Simeulue, dicalonkan gabungan partai politik," kata Abdul Salam Poroh.

Dari 115 pasangan calon kepala daerah dan wakil tersebut, kata dia, sembilan diantaranya perempuan, yakni empat calon bupati, seorang calon wali kota, dua calon wakil wali kota, dan dua calon wakil bupati.

"Mereka yang sudah ditetapkan sebagai calon tersebut selanjutnya akan mengikuti kampanye mulai 30 Januari hingga 12 Februari 2012 mendatang. Kami berharap semua pasangan calon menaati peraturan yang berlaku," pungkas Abdul Salam.

 
Design by Safrizal Ilmu Politik UNIMAL | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...; linkwithin_text='Baca Juga:'; Related Posts with Thumbnails